Ide Kreatif adalah Artikel kretifitas anak Indonesia yang menyajikan berbagai macam informasi, tips, serta kisah unik dan menarik.

Jumat, 02 Maret 2012

Manfaat Ginko Biloba

Posted by admin On 02.37 1 comment

Ginko biloba, adalah termasuk dalam golongan obat-obatan herbal. Di indonesia kita mengenal obat herbal ini melalui iklan di media cetak dan elektronik tentang khasiat dan keampuhannya sebagai obat herbal yang dapat meningkatkan daya ingat. Apakah manfaat Ginko Biloba ?

Ginko adalah fitomedicine yang digunakan secara luas di Eropa. Ginko diekstraksi dari daun tumbuhan ginko biloba, yang digunakan untuk menangani gejala awal penyakit Alzheimer-suatu penyakit yang ditandai dengan kemunduran progresif daya ingat, klaudikasio periferal-penyakit gangguan aliran pembuluh darah perifer karena adanya sumbatan, demensia vaskuler, tinitus (telinga berdenging) akibat gangguan vaskuler. Di Amerika ginko menempati 10 besar penjualan obat-obatan herbal. Ada lebih dari 120 penelitian klinis yang telah dilakukan terhadapnya dan telah dipublikasikan, sebagian besar dilakukan di Eropa.
Khasiat obat ini diyakini dihasilkan oleh mekanisme fungsinya sebagai obat yang melindungi sistem syaraf (neuroprotective agent), antioksidan, penangkap radikal bebas, suatu stabiliser membran dan antiplatelet aktifator melalui mekanisme kerja terpene ginkgolide B. Efek farmakologis lain antara lain; relaksasi endothel (sel epithel yang terdapat dalam pembuluh darah) melalui penghambatan siklik 3,5 guanesin monofosfat (GMP), inhibisi kehilangan reseptor muskarinik dan alpha adrenoseptor terkait umur, dan stimulasi ambilan kolin pada hipokampus.
Hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan ginko biloba adalah interaksinya dengan beberapa obat-obatan. Karena salah satu khasiat dari ginko adalahantiplatelet aktivator, yang berarti ginko dapat mengencerkan darah, maka disarankan penggunaannya tidak bersamaan dengan obat-obatan antiplatelet seperti; Warfarin, coumadin, aspirin, dan beberapa herbal lain seperti bawang, ginseng, dong quai, red clover dan coumarin alami. Dikawatirkan dengan penggunaan bersamaan akan dapat meningkatkan resiko terjadinya perdarahan.

1 comments:



Ayo daftarkan diri anda bersama kami di kelinci99.info ya..
1 id bisa bermain sepuasnya..."
kontak 2.B.1.E.7.B.8.4...
dengan cs angelina sedang bertugas..

Posting Komentar