Ide Kreatif adalah Artikel kretifitas anak Indonesia yang menyajikan berbagai macam informasi, tips, serta kisah unik dan menarik.

Jumat, 23 Desember 2011

Cara meningkatkan konsentrasi pikiran

Posted by admin On 00.01 No comments

Berdiam diri dan melamun memang bisa menimbulkan kreativitas.  Tetapi,kalau pikiran terus Anda biarkan melanglang buana,kapan produktifnya? Ternyata otak bisa dilatih agar kita mampu berkonsentrasi penuh.

Dibangku sekolah dulu, Anda bisa terkaget-kaget setengah mati saat disemprot guru,walaupun tak beruat apa-apa di bangku. Jelas saja,karena walaupun pandangan lurus ke papan tulis,pikiran Anda melayang ke enaknya makanan,bukan pada rumus matematika yang sedang di ajarkan oleh guru. Ketahuan deh otak anda tidak berkonsentrasi pada hal yang seharusnya.

Melamun memang mengasyikan,meski bukan aktivitas yang produktif. Otak seolah Anda bawa mengembara ke mana-mana. Akibatnya, Anda sulit berkonsentrasi pada hal penting pada hal yang tengah anda hadapi saat itu. Studi di Harvard University menunjukkan, otak manusia secara alami memang akan mengembara ke mana-mana begitu ada ‘kesempatan’. Dengan mesin MRI ,para ahli menemukan bahwa ada bagian otak yang bertanggungjawab pada hal-hal di luar konteks (seperti melamun atau pikiran mengawang-ngawang) yang hampir selalu aktif saat otak dalam keadaan istirahat atau melakukan tugas yang tak membutuhkan konsentrasi.

Menurut para ahli,sebenarnya anda bisa kok melatih kemampuan otak untuk berpikir,menyaring segala gangguan,sehingga lebih berkonsentrasi pada hal-hal yang tengah anda lakukan.
BILA ANDA SERING SULIT BERKONSENTRASI PADA PEKERJAAN
Riset yang dilakukan oleh Michael Kane Phd,psikolog di University of North Carolina,AS,menunjukkan, ada 30% pekerja yang pikirannya berjalan-jalan,bahkan saat melakukan tugas-tugas penting. Hal ini tentu saja dianggap mengurangi produktivitas. Wanita lebih rentan kehilangan focus dalam  bekerja. Kecemasan atau kekhawatiran terhadap hal-hal di luar pekerjaan diduga turut memperparah hilangnya konsentrasi. Coba solusi seperti ini :

a.   Atur barang-barang Anda
Jika Anda punya beberapa tugas untuk diselesaikan,putuskan mana yang perlu anda selesaikan lebih dulu. Kemudian singkirkan yang lainnya sejenak dari hadapan (meja dan layar komputer) Anda.  Tata segala hal yang mengingatkan Anda bahwa ada pekerjaan lain yang menunggu dari memo kecil,e-mail,sampai lembar-lembar data. Hal ini akan membuat pekerjaan anda terasa lebih sederhana,pikiran anda pun tak mudah terpecah-pecah.

b.   Bila pikiran anda sering melantur saat rapat,cobalah untuk lebih terlibat pada rapat tersebut. Misalmya dengan bertanya,menginterupsi,atau memberikan ide-ide ringan. Anda mungkin perlu waktu untuk menyusun pertanyaan atau pernyataan. Tetapi,hal-hal ini akan membuat Anda tetap focus.

c.    Tinggalkan sebantar
Pernah berada dalam kondisi saat pikiran anda sama sekali tak mau terfokus ke topic utama pekerjaan,mungkin memang waktunya  Anda tinggalkan sejenak meja kerja dan berjalan-jalan sebentar ke luar ruangan. Hal ini penting untuk memberi waktu istirahat untuk otak. Keluar sebentar dari rutinitas akan membuat Anda lebih segar saat kembali ke meja kerja. 

0 comments:

Poskan Komentar